TEMPO Interaktif, Kraosia – Jika Anda ragu pada pasangan, ada baiknya mulai belajar pada kesetiaan dan cinta pasangan bangau ini. Meski istrinya tak bisa terbang lagi, pasangannya tetap kembali padanya. Bangau jantan pun mau mengambil alih tugas pasangannya yang terluka itu.

Seorang dokter hewan menyelamatkan seekor bangau betina yang tertembak pemburu di Kroasia, yang akan diberi nomor penanda untuk mengukur kesetiaan pasangannya.

Para dokter hewan sudah tahu bahwa bangau betina yang diberi nama Malena itu tidak akan pernah bisa terbang lagi. Ia diletakkan kembali di sarangnya dan dikira ia tidak akan bertahan pada musim dingin.

Ketika itu, pasangannya, bangau jantan bernama Rodan, terbang ke selatan dengan anak-anaknya dan bangau muda lainnya. Malena diprediksi akan mati pada akhirnya dan Rodan tentu saja tak akan pernah kawin lagi.

Tapi prediksi para dokter terbukti salah setelah keluarga Vokic membantu memberi makan pada Malena di sarangnya dan ia berhasil melalui bulan-bulan musim dingin yang panjang dan akhirnya selamat.

Dan bahkan lebih menakjubkan lagi, Rodan kembali setiap tahun untuk kawin dengan pasangannya itu.

Setiap tahun Rodan melintasi jarak 13.000 kilometer ke Afrika Selatan untuk menghabiskan musim dingin yang hangat dan kemudian menempuh jarak yang sama kembali untuk menemui kekasihnya yang terluka.

Seorang warga lokal berkata: “Dia ditembak pada tahun 1993 oleh orang Italia tetapi dia tidak mati dan diserahkan kepada dokter hewan kita. Dia menyelamatkan hidupnya, tetapi lumpuh dan telah kehilangan kemampuan terbang. Kerusakannya terlalu parah.”

“Kekasihnya menakjubkan! Tahun ini ketika ia tiba dari Afrika Selatan di mana dia menghabiskan musim dingin, meskipun fakta bahwa ia telah berkelana 13.000 kilometer, ia segera bercinta dengan Malena,” katanya.

“Jelas mereka senang bertemu satu sama lain. Karena ia tidak bisa terbang, Rodan mengajarkan anak-anak kecil untuk terbang dan menyertai mereka ke selatan setiap musim.”

 

TEMPO Interaktif, Kraosia ( Minggu, 28 Maret 2010 | 10:32 WIB)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *