Ibadah Raya, Minggu 14 Maret 2010

Sermon by: Ps. Olga Siahaan

Double Portion

2 Raja Raja 2:9

Kisah mengenai Elisa hamba Elia yang terus setia mengikuti elia sampai kepada elia terangkat kesurga dengan kereta berapi. Elisa meminta dua bagian dari roh elia agar juga menjadi bagiannya ketika elia terangkat ke surga. Biar dimasa kita menanti janji pemulihan dan kelimpahan Tuhan kita mengalami double portion atau dua bagian dari roh Tuhan atas hidup kita. Double portion dalam hal ini hanya semacam istilah yang maknanya lebih mengacu kepada BUAH SULUNG.

Ulangan 21:17

Dalam ayat ini dijelaskan mengenai hak kesulungan. Double portion berbicara tentang hak kesulungan, berkat anak sulung berarti berkat yang terutama, berkat yang terbaik. Adat yang berlaku dalam kaum semith adalah patrilinear, mengikiuti garis keturunan ayah. Dan dalam hal ini berkat anak sulung adalah berkat yang diberikan kepada anak laki laki yang pertama kali lahir (first born son). Berkat anak sulung merupakan berkat yang mewakili keberadaan keluarga (bapa) setelah bapanya meninggal. Yes  us juga dikatakan sebagai yang sulung, dan Yesus mewakili keberadaan Bapa surgawi. Berkat kesulungan sangatlah penting. Pada zaman dulu (masa ayat ini di catat) poligami adalah hal yang banyak terjadi. Karena itu Tuhan perlu memberlakukan aturan seperti yang dicatat pada ayat ini untuk dilakukan. Berkat kesulungan cukup banyak diceritakan dalam alkitab.

Lalu mengapa Elisa memiliki alasan tersendiri kenapa dia begitu antusias dengan hak kesulungannya? Karena sesungguhnya elisa tidak pernah dianggap keberadaannya sebagai seorang nabi. Elisa adalah hamba elia yang turut beserta elia kemanapun tuannya pergi. Elisa begitu ngotot untuk mendapat hak kesulungan (double portion) guna meneruskan pelayanan elia. Dan karena kesungguhan hatinya elisa mendapat apa yang menjadi kerinduan hatinya. Elia dicatat dalam alkitab melakukan sebanyak 7 mukjizat besar, dan elisa melakukan 7 kali lebih besar sesuai dengan janji Tuhan yang tertulis dalam Yohanes 14:12

Kenapa hak kesulungan menjadi begitu penting. Anak yang sulung mendapat 2 bagian dari apa yang dimiliki bapanya. Hak kesulungan begitu penting karena hak ini mewakili kesempurnaan, mewakili kelengkapan, mewakili ukuran kesempurnaan Tuhan (Lukas 6:38).

Hak kesulungan banyak dicatat dalam alkitab. Salah satunya adalah kisah Yakub dan Esau. Saya jelaskan bahwa yakub TIDAK PERNAH MENIPU ESAU. Tetapi yakub MEMBELI HAK KESULUNGAN dari esau lewat semangkuk kacang merah. Esaulah yang menganggap rendah hak kesulungan itu.

Hak kesulungan atas Yusuf. Sesungguhnya The first born dari Yakub adalah Ruben, tetapi yang menjadi yang sulung adalah Yusuf. Anak Yusuf Efraim dan Manasye, Manasye adalah anak yang sulung tetapi yang memperoleh berkat hak kesulungan adalah Efraim.

Daud, adalah anak yang bungsu, tetapi daud yang menerima berkat kesulungan dari Samuel dan diurapi menjadi raja.

Hak kesulungan penting karena mewakili keberadaan bapa/ Tuhan sepenuhnya. Ketika kita menerima double portion atau hak kesulungan dari Tuhan maka Yohanes 14:12 itu tergenapi dalam hidup kita. Jika kita yang berdosa menjadi kudus dan tidak lagi melakukan dosa, Tuhan sangat menghargai itu. Itulah pentingnya double portion, Tuhan memampukan kita untuk melakukan lebih diatas kemampuan natural kita..

Berikut beberapa hal yang harus kita miliki dan lakukan untuk menerima double portion:

  1. Rajin.

Salah satu cara agar double portion itu kita alami maka kita perlu rajin dan disiplin. Orang yang malas sulit untuk bergerak maju. Firman Tuhanpun mengatakan bahwa janganlah hendaknya kerajinan kita kendor (Roma 12:11)

  1. Terlibat dalam kegarakan Tuhan / kegiatan Tuhan
  2. Fokus kepada apa yang sedang Tuhan kerjakan. Ambil bagian dalam hal hal yang bisa kita lakukan.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari pribadi Yakub bahwa dia adalah pribadi yang ngotot untuk menerima hak kesulungan dari Tuhan. Demikianpun elisa yang terus setia dan ngotot menanti sampai elia naik kesurga dan ia mendapat bagian double portion dalam hidupnya.

Untuk mengalami double portion dalam hidup kita diperlukan kerelaan menjalani proses yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita. Ketika kita mengalami hidup kita sampai kepada titik zero maka saat itulah Tuhan akan mengangkat kita ( from zero to hero). Kita harus bersikap benar dalam menyikapi proses yang berlangsung. Penderitaan yang terjadi bermaksud untuk melihat apakah kita trust worthy dimata Tuhan untuk menerima double portion daripadaNya. Daud berkata bahwa tertindas itu baik bagiku supaya aku belajar ketetapanMu (Mazmur 119:71)

Setiap kita berhak untuk menerima dan mengalami double portion/ berkat kesulungan dari Tuhan. Bagaimana kita sebagai komunitas gereja yang kecil di bangsa ini begitu mudah bergerak dalam berbagai proposal event ataupun project di bangsa ini. Saya percaya bahwa ini adalah urapan double portion yang Tuhan karuniakan lewat hamba hamba Tuhan diatas saya seperti Pak Johan dan Pak Irwan.

Dalam kehidupan kita sehari hari, dalam pekerjaan dalam segala hal ketika double portion itu Tuhan curahkan atas hidup kita untuk kita alami, maka ketika ada hal hal yang tidak baik yang hendak menyerang kehidupan kita maka Tuhan sendiri yang akan menjaga dan memberitahu kita hal hal yang harus kita lakukan. Karena itu sangat perlu bagi kita ketika kita menjalankan kehidupan kita sehari hari kita juga mengenakan jubah jubah karunia rohani yang Tuhan karuniakan atas hidup kita dan mempengaruhi kehidupan disekitar kita.

Elisa ketika menerima double portion dia menerima jubah elia. Zaman itu, jubah melambangkan segala kekayaan rohani dan segala keberadaan orang yang memakainya.

Ketika yusuf berusia dua belas tahun dan Yakub ingin melimpahkan hak kesulungan kepada Yusuf, Yakub mengenakan jubah yang indah indah kepada Yusuf yang melambangkan segala kekayaan bapanya.

Demikian anak yang hilang ketika dia pulang kembali kerumah bapanya dan dengan sukacita bapanya menyambutnya dan dikenakan jubah yang indah indah baginya. Perbedaan anak yang hilang dengan saudaranya yang sulung adalah anak yang sulung yang tinggal dirumah hidup dengan mental upahan. Kita harus belajar untuk tidak hitung hitungan dan bermental seorang upahan kepada Tuhan.

Demikian halnya pemulihan dan kelimpahan ini bisa terjadi didalam segala aspek kehidupan kita. Ketika Tuhan menjamah kita, kita penuh sukacita dan terhubung dengan suasana surga. Hal yang perlu kita lakukan adalah terus menjaganya agar hal yang sama bahkan lebih terus terjadi dalam segala aspek kehidupan kita. Ada banyak orang yang mengalami pemulihan disatu sisi kehidupannya dan belum disisi hidupnya yang lain. Sehingga seringkali terjadi ketimpangan dalam hidupnya. Hal yang juga pernah saya alami sebelum Tuhan menjamah saya dan mengajar saya tentang apa itu hati bapa/gembala (karunia pastoral)

Dalam gereja ada 3 macam kepemimpinan:

  1. Pemimpin yang kuat di Pastoral (penggembalaan)
  2. Pemimpin yang kuat di Leadership (kepemimpinan)
  3. Pemimpin yang kuat di Managerial (network)

Sebelum saya memulai pelayanan di Bangkok, saya terbiasa dengan pola dan dibentuk dalam kepemimpinan managerial. Sehingga saya kurang peka akan 2 aspek kepemimpinan selain itu. Sementara diposisi saya sekarang sebagai seorang gembala diperlukan untuk juga bergerak dan mengerti Leadership dan Pastoral/ penggembalaan. Hati seorang gembala yang membantu jemaat/ domba domba Tuhan didalam kasih. Hal ini Tuhan ajarkan dan pulihkan dalam hidup saya ketika saya mengasuh anak anak saya. Dan saya bersyukur atas apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup saya.

Pemulihan dan kelimpahan juga berbicara tentang bagaimana kita bisa lepas dari sakit hati maupun kegagalan kegagalan dimasa lalu. Jangan terlalu sering melihat dan mengingat ingat hal hal dibelakang kita. Untuk mengalami pemulihan dalam segala aspek kehidupan kita, kita harus mengijinkan Tuhan bergerak memperbaiki dan merubah cara cara hidup kita yang lama. Diperlukan disiplin rohani untuk mengalami pemulihan dalam kehidupan kita. Kita perlu membayar harga untuk pemulihan Tuhan bisa terjadi dalam hidup kita. Dan harga yang harus kita bayar salah satunya adalah disiplin diri/ rohani. Ketika kita berhasil menerobos setiap budaya budaya yang kurang baik dalam hidup kita maka itu adalah pemulihan yang Tuhan lakukan dalam hidup kita.

Mari, agar sambil menunggu untuk mengalami pemulihan dan kelimpahan dalam hidup kita, kita juga menerima dan mengalami double portion yang dari Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati dengan pemulihan dan kelimpahan atas hidup kita. Tuhan Yesus memberkati!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *